Tingkatkan Pelayanan Kesehatan, Rutan Balige Kerjasama dengan RS HKBP Balige

By Johannes V Sianturi 04 Des 2019, 11:45:37 WIB Sekitar Kita
Tingkatkan Pelayanan Kesehatan, Rutan Balige Kerjasama dengan RS HKBP Balige

Keterangan Gambar : Rutan Balige Kerjasama dengan RS HKBP Balige eningkatkan pelayanan kesehatan


Geosiar.com, Balige – Pihak Rumah Tahanan Negara (Rutan) Balige bekerjasama dengan pihak Dinas Kesehatan Balige melalui Puskesmas dan pihak RS HKBP Balige, guna meningkatkan pelayanan kesehatan bagi warga binaan.

Kerjasama tersebut ditandai dengan penandatangan Penyuluhan dan Skrining TB – HIV AIDS  kepada 390 WBP antara Pihak Rutan Balige dan Dinas Kesehatan dan Rs HKBP,  Senin (2/11/2019). Kegiatan  tersebut digelar di aula Rutan Balige.

Kepala Rutan Balige, Leonard Silalahi SH MH  mengatakan bahwa kerjasama ini dilakukan untuk menindaklanjuti pelayanan kesehatan dan perawatan kesehatan para warga binaa. Selain itu juga sosialisasi bahaya HIV/AIDS bagi warga binaan. Apalagi selama ini cuma satu bulan satu kali pemeriksaan kesehatan bagi warga binaan rutan.

Baca Lainnya :

Oleh karenanya, ia berharap nantinya kesehatan para warga binaan dapat diperiksa secara rutin. Kepala Dinas Kesehatan dan pihak rumah sakit.

Leo juga  mengatakan bahwa pemeriksaan mesti rutin dilakukan. Rencananya pemeriksaan diusahan  dilakukan setiap satu kali seminggu. Bahkan nanti akan dibuat kader kesehatan di masing-masing sel.

Hal itu agar dapat membantu pembinaan kesehatan. Nantinya akan dibina oleh Puskesmas  dan akan ditingkatkan sistem rujukan, guna meningkatkan layanan kesehatan bagi warga binaan. Sehingga mereka yang berasal dari luar Kota Balige tetap bisa berobat di rumah sakit dan pelayanan kita semakin prima sesuai tupoksi yang ada.

“Inti kerjasama ini adalah meningkatkan sistem dan kemudahanan layanan kesehatan bagi warga binaan,” paparnya.

Diakuinya, untuk kebutuhan obat, pihak dinas tengah berupaya memaksimalkan dengan program inovasi. Apalagi persediaan obat obatan cukup sulit, namun tetap diupayakan untuk memperoleh pasokan obat.

 Ia juga mengingatkan supaya warga binaan waspada terkait kasus DBD yang bisa terjangkit sewaktu waktu.




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment